Rabu, 29 Juni 2016

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa


Sebentar lagi jadi mahasiswa, sebentar lagi jadi seorang pemuda bermata panda, sebentar lagi jadi orang yang rindu masa SMA, sebentar lagi tinggal tanpa indang & apang (ibu & ayah bhs Ngaju). Oh My GOAT! eh GOD! Gila perasaan baru kemaren gue ngerayain ultah yang ke 10 tahun dan kenapa tiba-tiba kuliah aja? Waktu berlalu dengan cepat, semoga semasa kuliahnya "berlalu dengan cepat" juga hehe.

Kuliah? Artinya aku gak tinggal di Kuala Kurun lagi, dimana agama dan suku-ku menjadi mayoritas ditempat ini, dimana-mana komunikasi bahasa daerah. Walaupun Kurun - Palangka Raya gak jauh amat jaraknya sih, tapi di ibukota Kalimantan Tengah ini jarang ditemukan "uluh itah" walaupun sebenarnya ada banyak tapi mungkin mereka malu atau semacamnya. (Uluh itah = orang kita, biasanya digunakan orang Dayak Ngaju/Kahayan untuk memanggil orang sesamanya). Padahal aku yang masih unyu ini (padahal dah kumisan dimana-mana) masih pengen tinggal dirumah, kamar yang nyaman walaupun berantakan penuh dengan berbagai macam spesies hewan. Aku akan merindukan Rahel, iya Rahel adalah nama dari salah satu gulingku, i love her :(. Aku nanti tinggal di kost atau disini disebut barak (bukan obama) ruangnya kecil tapi cukup menampung diriku, gajah, kuda nil dan hewan raksasa lainnya, iya kecil. Kau tau apa yang lebih menyakitkan daripada melihat seorang Joachim Low ngupil dan dijilat lagi? hidup sendirian dan tanpa kulkas! Padahal aku suka minum air es dan mulai sekarang aku harus minum air panas guna membiasakan diri, hasilnya lidahku mengalami luka bakar. Dengan tidak adanya kulkas itu artinya aku tidak bisa membeli daging ayam mentah, bisa sih tapi harus habis sehari, masa iya ada sisanya dimasak besok jadinya ayam tiren dong. Adu adu aduh abang memet. Tapi untungnya aku tidak pilih-pilih dalam hal makanan, aku cuma ga makan terong, beberapa jenis ikan, kebanyakan sayur-sayuran, kepala ikan & ayam, kuning telor, telor cicak dan sebagainya, gak pilih-pilih kan?.

Kemaren (28/06/2016) hasil SBMPTN telah diumumkan dan aku diterima di pilihan kedua, pilihan pertamaku Teknik Informatika, kedua Teknik Sipil semuanya di UPR dan yang terakhir Sistem Informasi di ITK. Setelah melihat hasil aku bingung pikiranku tak menentu karena aku lebih mengharapkan Teknik Informatika yang lulus, karena bingung saya sebagai seorang anak yang tak tahu arah jalan pulang memutuskan untuk mengadakan rapat se-RT dan dihadiri oleh aku dan orang tuaku, iya cuma kami tiga. Rapat berlangsung sangat lama sekali yaitu selama 180 detik atau 3 menit, suasana tegang ditemani suara jangkrik dan gajah berkicauan di senja hari menemani rapat yang sedang berlangsung dimana sang ibu dengan serius memberi nasihat dan bapak lagi asyik menonton acara televisi sementara si anak mendengar kata si ibu sambil update status. Setelah rapat yang sangat serius itu berlalu, aku memilih untuk tidur. Bangunnya aku langsung membersihkan tempat tidur dan langsung mandi tanpa gosok gigi (KAMU GIMANA GREND ITU DIAMBIL GAK!?) ohiya lupa, iya aku mengambil yang sudah pasti yaitu Teknik Sipil. Mendengar cerita orang entah ini cerita termasuk fiksi atau non-fiksi, konon katanya Teknik Sipil adalah tempat orang-orang yang memiliki kantong mata, dan katanya juga jika masuk di jurusan ini bisa lama lulusnya. Aku punya kakak kelas yang masuk jurusan ini, Puji Tuhan sekarang dia masih bisa bernafas. Otakku tiba-tiba berkata "jangan Grend, lu blo'on mending tiduran" tapi hati kecilku berkata "udah Grend, ngapain takut, lu pengen kuliah atau pengen santai?". Mendengar kata si Otak dan Hati, aku akhirnya tidak takut, karena aku memilih untuk tiduran. Hehe becanda.

Semoga nantinya aku menjalaninya dengan sukacita (ini pasti senior ketawa baca bagian yang ini)

Sebagai calon mahasiswa saya dengan senang hati menerima saran dan nasihat dari anda yang sudah dulu menjadi mahasiswa atau biasa disebut dengan aligator, maaf, maksudnya senior.

3 komentar: